Home / Berita Daerah / Wenny Haryanto: Penurunan Stunting Butuh Kerjasama Semua Pihak

Wenny Haryanto: Penurunan Stunting Butuh Kerjasama Semua Pihak

Anggota Komisi IX DPR RI Wenny Haryanto dalam acara Kampanye Percepatan Penurunan Stunting di Kota Depok pada Minggu, 12 November 2023.

DEPOK | WARTAKENCANA.COM

Stunting merupakan masalah serius yang harus segera ditangani. Karena itu, diperlukan kerja sama dan dukungan dari semua pihak untuk mempercepat penurunan angka stunting di Indonesia.

Anggota Komisi IX DPR RI Wenny Haryanto mengatakan hal itu dalam acara Kampanye Percepatan Penurunan Stunting bagi warga Depok pada Minggu, 12 November 2023. Kegiatan yang digelar di Gedung Yayasan Ganesa Satria, Kecamatan Sukmajaya, ini dihadiri ratusan peserta, di antaranya ibu hamil, ibu menyusui, dan masyarakat umum. Turut menjadi narasumber antara lain Ketua Tim Kerja Kelompok Kerja Pelatihan dan Pengembangan Tenaga Program Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Jawa Barat Angela Sri Melani Winyarti dan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Depok Nessi Annisa Handari.

Wenny menjelaskan, stunting adalah gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang, yang ditandai dengan panjang atau tinggi badannya berada di bawah standar. Standar yang dimaksud ditetapkan menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang Kesehatan, dalam hal ini Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Gangguan pertumbuhan dan pekembangan anak, sambung Wenny, sudah barang tentu bakal menurunkan kualitas hidup. Termasuk di antaranya rendahnya kemampuan berpikir akibat pertumbuhan otak kurang optimal.

Wenny menjelaskan, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah stunting. Bagi ibu hamil dan menyusui, pencegahan dilakukan dengan cara mengonsumsi makanan bergizi seimbang.

Kemudian, anak mendapat air susu ibu (ASI) eksklusif selama enam bulan pertama. Anak juga penting mendapat suplementasi gizi, seperti vitamin A, zat besi, dan yodium. Berikutnya anak mendapat imunisasi lengkap.

“Kegiatan ini merupakan salah satu upaya kita untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya stunting. Pada akhirnya, kita Bersama-sama melakukan pencegahan stunting,” ujar Wenny.

Di tempat yang sama, Kepala DP3AP2KB Kota Depok Nessi Annisa Handari mengapresiasi kegiatan kampanye percepatan penurunan stunting yang digelar yang diprakarsai Komisi IX DPR RI dan BKKBN. Bagi Nessi, kegiatan ini sangat penting untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pencegahan stunting.

“Kami berharap, dengan adanya kampanye ini akan meningkatkan kesadaran kita (masyarakat) tentang pentingnya pencegahan stunting,” ungkap Nessi.(Rohmat Rospari)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top