Home / Berita Daerah / Pencegahan Stunting Butuh Dukungan Anggota Keluarga

Pencegahan Stunting Butuh Dukungan Anggota Keluarga

Anggota Komisi IX DPR RI Netty Heryawan saat menjadi naralumber dalam kegiatan Kampanye Percepatan Penurunan Stunting di Gedung Pemuda, Kota Cirebon, pada Kamis 26 Oktober 2023.

CIREBON | WARTAKENCANA.COM

Anggota Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) dari Daerah Pemilihan Jawa Barat VIII Netty Prasetiyani Heryawan menekankan pentingnya dukungan seluruh anggota keluarga dalam pencegahan stunting. Pencegahan stunting juga sangat penting dilakukan dalam 1000 hari pertama kehidupan (HPK).

Netty mengungkapkan hal itu saat berlangsungnya Kampanye Percepatan Penurunan Stunting di Gedung Pemuda, Kota Cirebon, pada Kamis 26 Oktober 2023. Kampanye dihadiri ratusan peserta dari unsur keluarga dan generasi muda di Kota Cirebon. Mereka antusias menyimak pemaparan dari narasumber mengenai stunting.

“Stunting itu bisa dicegah asal kita memperhatikan fase pertama kehidupan. Dalam hal ini keluarga berperan penting. Pencegahan stunting bisa dilakukan sejak dini atau 1000 pertama kehidupan. Yakni, masa anak dalam kandungan hingga anak berusia 2 tahun,” papar Netty.

Sebagai support system, sambung Netty, keluarga berperan penting dalam mencegah stunting. Dibutuhkan dukungan dari masing-masing anggota keluarga dalam pencegahan stunting, sehingga tercipta keluarga berkualitas dan terhindar dari stunting.

“Sesama anggota keluarga saling mengingatkan, dari menjaga pola hidup sehat,” ujarnya.

Netty menambahkan, upaya pemerintah menekan angka stunting dengan melibatkan berbagai instansi pemerintah dan swasta. Selain itu, intervensi program diawasi oleh kader yang ada di bawah agar tepat sasaran.

“Kami terus memaksimalkan program pencegahan stunting sampai di tingkat paling bawah di masyarakat. Tentu dengan tujuan Jawa Barat zero stunting bisa tercapai,” tegas Netty. 

Sementara itu, salah satu peserta asal Majasem menyampaikan masukan dalam upaya percepatan penurunan stunting. Menurutnya, pemerintah harus terjun hingga ke tingkat rukun tetangga (RT) agar program pencegahan stunting tepat sasaran.

“Pengawasan program harus bisa sampai ke bawah. Sebab, banyak keluarga yang tidak paham mengenai stunting,” ujarnya. (Moh. Wahyu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top