Home / Berita Daerah / Netty Heryawan: Pengasuhan Kunci Pencegahan Stunting 

Netty Heryawan: Pengasuhan Kunci Pencegahan Stunting 

Anggota Komisi IX DPR RI Netty Heryawan saat Kampanye Percepatan Penurunan Stunting di Kopo Square Margahayu Tengah, Kecamatan Margahayu, Kabupaten Bandung, Minggu 12 November 2023.

BANDUNG | WARTAKENCANA.COM

Anggota Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Netty Prasetiyani Heryawan berpesan agar setiap keluarga melakukan pengasuhan secara benar dan tepat. Ini penting karena keluarga merupakan pihak yang bertanggung jawab dalam pencegahan stunting. Netty juga menekankan bahwa stunting tidak lepas dari pencegahan stunting dalam 1000 hari pertama kehidupan (HPK). 

Netty mengungkapkan hal itu saat Kampanye Percepatan Penurunan Stunting di Kopo Square Margahayu Tengah, Kecamatan Margahayu, Kabupaten Bandung, Minggu 12 November 2023. Turut hadir Gubernur Jawa Barat periode 2008-2018 Ahmad Heryawan, Penata Kependudukan dan KB Ahli Madya Provinsi Jawa Barat Herman Melani, dan Kepala Bidang Perlindungan Anak Dinas P2KBP3A Kabupaten Bandung Agustini Saputri. 

Selain memberikan penjelasan permasalahan stunting, Netty juga meminta peserta memberikan penjelasan tentang permasalahan stunting ketika ditanya tentang isu stunting. ”Untuk mencegah stunting ini sebaiknya dari hulu dimulainya. Dan, penting juga dilakukan oleh seluruh masyarakat, khususnya dengan dimulai dari keluarga,” jelasnya.

Satu hal yang selalu ditegaskan anggota Komisi IX DPR RI ini adalah tentang pentingnya empat syarat yang harus dilakukan oleh setiap individu untuk bisa membangun keluarga berkualitas. Pertama, niat tujuan berkeluarga harus jelas. Kedua, lakukan persiapan dan perencanaan yang baik. Selanjutnya, yang ketiga, setiap keluarga harus dapat membangun ketahanan keluarga berdasarkan nilai agama. Keempat, dapat membangun pola pengasuhan yang benar dan tepat. 

Insyaallah, jika sebuah keluarga dapat melakukan keempat syarat tersebut diharapkan pencegahanstunting atau gagal tumbuh akibat kekurangan gizi dalam waktu yang panjang bisa dicegah,” jelasnya.

Di akhir penjelasannya, dari keempat syarat itu ada satu hal yang lebih ditekankan Netty Prasetiyani yaitu tentang pola pengasuhan yang harus dilakukan oleh sebuah keluarga. ”Mari kita semua berkomitmen dalam pencegahan stunting dengan membangun dan menciptakan keluarga berkualitas dengan lebih menata pola pengasuhan yang benar dan tepat. Dengan cara itu, mudah-mudahan anak-anak kita semua sehat dan akhirnya kita bebas stunting,” harap Netty. (Tenang Safari)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top