Home / Berita Daerah / Tingkatkan Silaturahim, BKBPIA Purwakarta Gelar Lomba Futsal dan Liwet

Tingkatkan Silaturahim, BKBPIA Purwakarta Gelar Lomba Futsal dan Liwet

Kepala BKBPIA Purwakarta Carma Rukhiat (ketiga kanan) dan Kabid KB Asep N Kusmayadi (paling kanan) berpose bersama jawara futsal antarwilayah. (YAN HENDRAYANA/IPKB PURWAKARTA)

Kepala BKBPIA Purwakarta Carma Rukhiat (ketiga kanan) dan Kabid KB Asep N Kusmayadi (paling kanan) berpose bersama jawara futsal antarwilayah. (YAN HENDRAYANA/IPKB PURWAKARTA)

PURWAKARTA – DUAANAK.COM

Dalam upaya mempererat dan meningkatkan tali silaturahim antarpelaku keluarga berencana (KB) di Kabupaten Purwakarta, serta kegiatan rangkaian Hari Keluarga Nasional (Hargnas) dan rangkaian peringatan Hari Jadi ke-183 Kabupaten Purwakarta, Badan Keluarga Berencana Perlindungan Ibu dan Anak (BKBPIA) Purwakarta gelar berbagai kegiatan.

Kepala BKBPIA Purwakarta Carma Rukhiat menjelaskan, saat ini Kabupaten Purwakarta tengah merayakan hari jadinya, dimana setiap minggu menggelar berbagai aktraksi dan festival budaya yang disuguhkan kepada warga masyarakat. BKBPIA Purwakarta menggelar berbagai kegiatan, semisal lomba tumpeng dan futsal yang diikuti para pelaku KB.

“Selain  memeriahkan Harganas tingkat kabupaten, kegiatan yang diikuti para pelaku KB ini juga untuk meningkatkan tali silaturahim pelaku KB dan keluarganya. Oleh sebab itu, BKBPIA Purwakarta menggelar berbagai kegiatan, termasuk kegiatan pelayanan KB kepada masyarakat yang dilaksanakan secara gratis,” kata Carma.

Khusus kegiatan futsal, lanjut Carma, selain menjadi media silaturahim juga sebagai media untuk mencari bibit-bibit baru dalam bidang olahraga futsal. Maklum, pada Harganas tingkat Provinsi Jawa Barat di Kabupaten Kuningan, tim futsal BKBPI Purwakarta kalah bertanding dari kabupaten lainnya.

Sedangkan lomba tumpeng yang diikuti Pos KB Desa, sambung dia, merupakan ajang silaturahim antarkeluarga Pos KB Desa dengan para penyuluh lapangan (PLKB) dan keluarga besar BKBPIA Purwakarta. Dia berharap kegiatan ini bisa menjadi motivasi bagi para pelaku KB Purwakarta untuk lebih meningkatkan kinerjanya.

Sementara itu, Kabid KB BKBPIA Purwakarta Asep Nandar Kusmayadi menambahkan, Purwakarta memiliki berbagai prestasi di tingkat Provinsi Jawa Barat. Di antaranya, juara II lomba PLKB Teladan tingkat Provinsi Jawa Barat yang dimenangkan oleh Iwan Jamaludin, PLKB dari Kecamatan Kiara Pedes Kabupaten Purwakarta. Juara lomba Pengelola terbaik I Paguyuban KB Pria tingkat Provinsi Jawa Barat atas nama Dari Sundari dari Kecamatan Pondok Salam. Juara II Paguyuban KB Pria tingkat Provinsi Jawa Barat atas nama Kelompok Gavos dari Kecamatan Pondok Salam. Juara harapan I Motivator Paguyuban KB Pria tingkat Jabar atas nama Oyib dari Pondok Salam.

BKBPIA Purwakarta, papar Asep, juga berhasil meraih juara harapan II lomba Duta Remaja tingkat Provinsi Jawa Barat yang dimenangkan oleh Gavin dari Kecamatan Purwakarta. Selain itu,  untuk lomba bina-bina BKBPIA Purwakarta meraih juara II lomba BKL tingkat Provinsi Jawa Barat yang diraih Kelompok Anggrek XII Ciseureuh.

Juara III lomba BKB tingkat Provinsi Jawa Barat atas nama Kelompok Anggrek XII Ciseiureuh Kecamatan Purwakarta serta juara II loma PIK-Remaja atas nama Kelompok PIK-R Tri 5 Desa Kembang Kuning Kecamatan Jatiliuhur. Artinya, BKBPIA Purwakarta memiliki berbagai prestasi yang telah diukir para pelaku KB di tingkat Provinsi Jawa Barat.

Ditambahkan, untuk kegiatan olahraga futsal dalam rangka Harganas tingkat Kabupaten Purwakarta yang diikuti perwilayah, keluar sebagai juara pertama PLKB dari wilayah II, juara ke II PLKB wilayah I dan jauara ke III PLKB dari Kabupaten Purwakarta serta juara keempat diraih PLKB dari wilayah III.

Sedangkan lomba liwet, kata Asep, keluarga sebagai juara pertama Pos KB Desa dari Kecamatan Campaka, juara II Pos KB Desa dari Kecamatan Kiara Pedes dan juara III Pos KB Desa dari Kecamatan Sukatani. “Kegiatan ini akan menjadi agenda BKBPIA Purwakartan yang digelar setiap tahun,” imbuh Asep.(YAN HENDRAYANA/IPKB PURWAKARTA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top
%d bloggers like this: