Home / Berita Daerah / Tekan Angka Kelahiran, Motor KB akan Keliling Pelosok Ciamis

Tekan Angka Kelahiran, Motor KB akan Keliling Pelosok Ciamis

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya melakukan uji coba Motor KB yang akan diserahkan kepada petugas lapangan KB. (DETIK)

CIAMIS – Pemkab Ciamis mendapat 29 unit sepeda motor layanan Keluarga Berencana (KB) dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang KB. Secara simbolis, sepeda motor diserahkan oleh Bupati Ciamis Herdiat Sunarya kepada petugas lapangan dan UPTD Pengendalian Pendudukan, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) di Pendopo, Senin (14/10/2019).

“Sebanyak 29 unit sepeda motor ini dari DAK bidang KBO pusat untuk petugas lapangan UPTD di tingkat Kecamatan, semua 27 Kecamatan kebagian,” ujar Kepala DP2KBP3A Ciamis Dondon Rudiana di Pendopo Bupati Ciamis.

Dondon mengatakan, sepeda motor KB ini dapat mendekatkan tempat pelayanan. Tempat pelosok di Ciamis yang tidak terjangkau dengan mobil layanan KB bisa dilayani oleh petugas menggunakan sepeda motor tersebut. Mengingat, di Ciamis masih ada beberapa daerah pelosok yang tidak terjangkau kendaraan.

“Teknisnya untuk menurunkan total rata-rata kelahiran (TRF), setiap wanita di Ciamis 2,06 menjadi 2,03 kelahiran. Sebetulnya Ciamis ini total angka kelahiran paling rendah di Jawa Barat,” ucap Dondon.

Usai menyerahkan sepeda motor, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengingatkan agar kendaraan tersebut dimanfaatkan untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat agar lebih baik. Bupati juga sempat mencoba sepeda motor jenis sport untuk pegawai KB tersebut. Selain sport, ada juga jenis matik.

Herdiat menyampaikan tiga hal yang perlu diperhatikan aparatur sipil negara (ASN). Memiliki integritas dan loyalitas terhadap NKRI, kedua memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Kita adalah pamong praja, pelayan masyarakat. Jangan sampai minta dilayani, tapi memberi pelayanan terbaik. Ketiga, bekerja profesional sesuai tugas dan fungsi masing-masing,” ujarnya. (detiknews)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top
%d bloggers like this: