Home / Berita Daerah / Remaja Pondasi Pembangunan Bangsa

Remaja Pondasi Pembangunan Bangsa

Kepala BKKBN Jabar Apresiasi Pemilihan Duta Genre Kota Bandung

Kepala BKKBN Jawa Barat Kusmana berpose bersama Ketua Tim Penggerak PKK sekaligus Bunda Genre Kota Bandung Siti Muntamah dan Asisten Administrasi Umum dan Kepegawaian Sekretariat Daerah Kota Bandung Dadang Gantina di antara Duta Genre Kota Bandung 2020 di Hotel Horison, Jalan Pelajar Pejuang 45 Nomor 121 Kota Bandung, tadi malam. (DOK. BKKBN JABAR)

BANDUNG | DUAANAK.COM

Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Jawa Barat Kusmana mengapresiasi penyelenggaraan Pemilihan Duta Generasi Berencana (Genre) Kota Bandung 2020 yang berlangsung di Hotel Horison, Jalan Pelajar Pejuang 45 Nomor 121 Kota Bandung, tadi malam. Pemiliha Duta Genre Kota Bandung 2020 turut dihadiri Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejehteraan Keluarga (PKK) sekaligus Bunda Genre Kota Bandung Siti Muntamah dan Asisten Administrasi Umum dan Kepegawaian Sekretariat Daerah Kota Bandung Dadang Gantina.   

Bagi Kusmana, Pemilihan Duta Genre merupakan momentum pengembangan inovasi dan kreativitas remaja. Untuk itu, Kusmana menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Pemerintah Kota Bandung, khususnya kepada Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, yang telah menyediakan ruang bagi para remaja Kota Kembang untuk mengekspresikan kreativitasnya secara keren dan kompetitif.

“Genre penting untuk mendapat perhatian semua unsur, karena mereka adalah calon pasangan kekuarga yang ke depannya akan menjadi keluarga-keluarga baru. Dengan demikian, para remaja kini adalah pondasi pembangunan keluarga berketahanan. Remaja adalah pondasi pembangunan bangsa. Karena itu, mesti disiapkan sejak dini,” tandas Uung, sapaan akrab Kusmana.

Kepada para kontestan, Kusmana berpesan agar benar-benar menjalankan misi utama Genre. Yakni, tidak menikah muda, menghidari hubungan seksual sebelum menikah, dan manjauhi narkoba. Upaya ini penting untuk menghindari risiko kesehatan reproduksi remaja yang mengincar setiap saat.  

Uung berharap berharap pegiat Genre mampu menjadi motivator program pembangunan keluarga, kependudukan, dan keluarga berencana (Banggakencana) kepada teman sebaya di lingkungan masing-masing. “Saya mengharapkan kalian para remaja dapat menjadi motivator program Banggakencana melalui kegiatan remaja di lingkungan masing-masing,” harap Uung.

Sebagai lembaga dengan mandat pengendalian penduduk dan pembangunan keluarga, BKKBN sangat strategis untuk menyiapkan generasi unggul. “Menyiapkan generasi yang unggul harus by design, di sinilah pentingnya perencanaan. Di sinilah pentingnya Genre. Karena itu, Genre diharapkan menjadi mitra BKKBN dalam rangka mendaratkan program-program di tengah masyarakat,” terangnya.

Peran remaja sangat strategis untuk masa depan negara dan keberlangsungan pembangunan bangsa. BKKBN memandang remaja dalam dua perspektif. Pertama, remaja luar biasa harus tumbuh menjadi generasi berkualitas dan siap untuk bisa menjadi subjek pembangunan menuju Indonesia yang maju dan berkualitas. Kedua, remaja calon pasangan usia subur yang akan membentuk keluarga dan calon orang tua bagi anak-anaknya, harus memiliki perencanaan dan kesiapan berkeluarga.

“Saya yakin, remaja-remaja yang hadir malam ini nantinya akan mampu membentuk keluarga sejahtera dan tentram, karena paham akan menyiapkan perencanaan dengan baik dalam menyiapkan masa depannya dan membina keluarga berkualitas,” jelas Uung.

Karena itu, Uung berharap Duta Genre ini dapat menyosialisasikan program-program BKKBN kepada remaja lain, terutama mengenai masalah pendidikan kesehatan reproduksi dan seksualitas. Rendahnya pemahaman remaja mengenai pengetahuan seksual dan reproduksi serta akses terhadap layanan kesehatan yang dapat melindungi dirinya menjadikan remaja rentan mengalami perilaku berisiko yang dapat menyebabkan kehamilan usia dini, kehamilan di luar nikah, kehamilan tidak diinginkan, dan terinfeksi penyakit menular seksual hingga aborsi yang tidak aman.(NJP)

Berikut ini pemenang Pemilihan Duta Genre Kota Bandung Tahun 2020:
JALUR MASYARAKAT:
PUTRA

  • Wildan Fairus Ikhwan
  • Muhammad Alwi Fahry
  • Mochamad Farhan Chohan
    PUTRI
  • Fania Melinda Fasih
  • Putri Nabila
  • Sarah Damayanti Syarief
    JALUR PENDIDIKAN:
    PUTRA
  • R. Sofwan Muzakki Sendjaya
  • M. Fauzan Dzaki Hanan
  • Mochamad Yasin Nurjaman
    PUTRI
  • Purti Fadia
  • Indira Putri Seruni
  • Nelfita Fadlika Listiani

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top
%d bloggers like this: