Home / Berita Daerah / Rakom se-Kabupaten Cirebon Berkomitmen Dukung Program KB

Rakom se-Kabupaten Cirebon Berkomitmen Dukung Program KB

Suasana silaturahim antara BPPKB dan belasan radio komunitas se-Kabupaten Cirebon berlangsung dalam suasana santai.(BPPKB KAB. CIREBON)

Suasana silaturahim antara BPPKB dan belasan radio komunitas se-Kabupaten Cirebon berlangsung dalam suasana santai.(BPPKB KAB. CIREBON)

Radio Komunitas (Rakom) untuk Program Kependudukan dan Keluarga Berencana. Demikian tema silaturahim antara Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana dengan Paguyuban Radio Komunitas (Rakom) Kabupaten Cirebon kemarin (Rabu, 21/5-2014) di Sumber.

Kegiatan itu sebagai tindak lanjut pertemuan Jaringan Radio Komunitas Indonesia Wilayah Jawa Barat dengan Perwakilan BKKBN Jawa Barat dan Ikatan Penulis Keluarga Berencana se-Jawa Barat di Kuningan beberapa waktu lalu dalam rangka konsolidasi Program Kependudukan dan Keluarga Berencana dengan mitra kerja.

Kepala BPPKB Kabupaten Cirebon H. Moh. Sofyan, SH., MH. melalui Kasubid AKSI (Advokasi Komunikasi Informasi dan Edukasi) Drs. Husein Fauzan, MM. Mengatakan bahwa sebagai salah satu media KIE (Komunikasi Informasi dan Edukasi) RAKOM memiliki posisi yang sangat strategis, dan eksistensinya bila dioptimalkan akan berkontribusi yang cukup dahsyat terhadap penyebarluasan informasi pembangunan termasuk Program Kependudukan dan Keluarga Berencana.

Lebih jauh Fauzan mengatakan bahwa pelaksanaan program kependudukan dan keluarga berencana di Kabupaten Cirebon merupakan bagian integral dari program pembangunan Kabupaten Cirebon, yang tujuannya untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera sebagai bagian dari pembangunan kualitas sumber daya manusia, ”Dengan terkendalinya pertumbuhan penduduk, paling tidak akan memudahkan intervensi dalam pembangunan sektor lain, seperti pendidikan, kesehatan, maupun ekonomi, yang merupakan indikator indeks pembangunan manusia,” tutur Fauzan.

Acara Silaturahim yang digelar dengan diskusi santai di Area Lesehan Lapangan Telkom Sumber itu dihadiri belasan Rakom yang ada di Kabupaten Cirebon bersama beberapa pramusiar. Kesepakatan diskusi dalam silaturahim itu antara lain bahwa Rakom yang ada di Kabupaten Cirebon, khususnya yang pada tahap awal telah melakukan kerja sama dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Perwakilan Jawa Barat, akan menyebarluaskan informasi Kependudukan dan Keluarga Berencana dengan intens. Bentuk promosi itu antara lain berupa talkshow dalam salah satu acara Rakom yang telah disiapkan. Selain itu, pemutaran iklan layanan masyarakat Program Kependudukan dan Keluarga Berencana, dan add-lips oleh para pramu siar dalam setiap kali Rakom siaran, serta jumpa penggemar.

Sementara itu, pihak BPPKB disepakati menyiapkan nara sumber dan bahan materi untuk KIE tersebut. “Perpanjangan tangan BPPKB di tingkat kecamatan dan desa ada Kepala UPT dan PLKB. Dengan demikian, maka kerja sama yang baik akan membuahkan hasil yang baik pula, terutama dalam memenej kegiatan, mulai dari perencanaan sampai pada pengendalian.” Uangkap Fauzan sambil disambut tepuk tangan oleh peserta.(HUSEIN FAUZAN/BPPKB KABUPATEN CIREBON)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top
%d bloggers like this: