Home / Berita Daerah / Melalui Saka Kencana, BKKBN Dorong Pramuka Jadi Kader KKBPK

Melalui Saka Kencana, BKKBN Dorong Pramuka Jadi Kader KKBPK

Kepala BKKBN Jabar sekaligus Majelis Pembimbing Daerah Saka Kencana Jawa Barat. (DOK. BKKBN JABAR)

Kepala BKKBN Jabar Siti Fathonah sekaligus Majelis Pembimbing Daerah Saka Kencana Jawa Barat. (DOK. BKKBN JABAR)

BANDUNG – DUAANAK.COM

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) berkeinginan kuat menjadikan anggota Satuan Karya Pramuka Keluarga Berencana (Saka Kencana) sebagai ujuang tombak program kependudukan, keluarga berencana, dan pembangunan keluarga (KKBPK). Ini tidak lepas dari peran Saka Kencana sebagai wadah kegiatan dan pendidikan untuk meningkatkan pengetahuan keterampilan praktis dan bhakti masyarakat.

Keinginan disampaikan Kepala Perwakilan BKKBN Jawa Barat Siti Fathonah saat melaporkan kegiatan sosialisasi Saka Kencana bagi Pimpinan Saka (Pinsaka) dan andalan kwartir cabang (Kwarcab) se-Jawa Barat di Hotel Newton, Kota Bandung, Senin 28 April 2014. Fathonah berharap Saka Kencana mampu menunjukkan eksistensinya di masyarakat, khususnya di kalangan generasi muda.

“Tujuan dibentuknya Saka Kencana adalah untuk membina anggota Gerakan Pramuka agar dapat menjadi tenaga kader KKBPK. Saka kencana sebagai wadah pembinaan bakat generasi muda di bidang keluarga berencana diharapkan selalu eksis dalam membantu generasi muda menemukan jati dirinya,” harap Fathonah.

Lebih jauh Kak Fathonah menjelaskan, Gerakan Pramuka hadir sebagai wadah untuk membina generasi muda. Anggota Majelis Pembimbing Saka (Mabisaka) Kencana Jabar ini tidak memungkiri adanya penurunan moral dan etika di kalangan remaja. Pemicunya, globalisasi yang dianggap terlalu cepat memasuki kehidupan remaja.

“Seperti kita ketahui bersama bahwa Gerakan Pramuka bertujuan untuk terbentuknya kaum muda yang memiliki iman, taqwa, watak kepribadian, akhlak mulia dan kecakapan hidup. Pramuka adalah kader bangsa dalam menjaga keutuhan negara kesatuan RI, mengamalkan Pancasila, mewujudkan masyarakat madani, melestarikan lingkungan hidup, dan menjaga perdamaian dunia,” tandas Fathonah.

Dia juga sempat menyinggung program KKBPK merupakan upaya terencana untuk mewujudkan penduduk tumbuh seimbang dan mengembangkan kualitas penduduk pada seluruh dimensi penduduk. Fathonah menilai Saka Kencana merupakan sarana dan wahana guna memupuk, mengembangkan, membina dan mengarahkan minat dan bakat generasi muda terhadap KKBPK.

Secara khusus, Saka Kencana memiliki empat kelompok peminatan atau di lingkungan kepramukaan dikenal sebagai krida. Yakni,  Krida Kependudukan, Krida Ketahanan Keluarga, Krida Kesehatan Reproduksi, dan Krida Generasi Berencana. Empat krida ini merupakan pengembangan dari Krida Bina Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi (KB dan KR), Krida Bina Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (KS dan PK), Krida Advokasi dan Komunikasi Informasi Edukasi (Advokasi dan KIE), Krida Bina Peran Serta Masyarakat (PSM).(NJP)

One comment

  1. Semoga Saka Kencana dapat menjadi solusi handal masalah-masalah generasi muda khususnya dalam Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP)….Saatnya Yang Muda Yang Berencana….Bravo Saka Kencana…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top
%d bloggers like this: