Home / Berita Daerah / KBB Siap Luncurkan Motekar Tahun Depan

KBB Siap Luncurkan Motekar Tahun Depan

Bandung Barat KabNGAMPRAH-DUAANAK.COM

Badan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (BP3AKB) Kabupaten Bandung Barat siap meluncurkan program Motivator Ketahanan Keluarga (Motekar) yang diluncurkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Kepala Bidang Keluarga Sejahtera BP3AKB KBB, Masrur mengatakan bahwa pada tahun 2015 melalui Peraturan Daerah (Perda) Nomor 9 Tahun 2014 tentang penyelenggaraan Pembanguan Ketehanan Keluarga, pihaknya siap meluncurkan program Motekar yang dapat menggenjot angka Pra KS dan KS (Keluarga Sejahtera) di KBB.

“Saat ini kita sedang lakukan seleksi calon motivator untuk ditempatkan di desa-desa yang sudah ditentukan. Mudah-mudahan awal tahun 2015 mereka sudah siap kerja,” kata Masrur kepada Pasundan Ekspres, akhir pekan lalu.

Adapun peran motivator pada program Motekar tersebut salah satunya sebagai penguat pemberian pembinaan pada program Bina Keluarga Balita (BKB), (Bina Keluarga Remaja (BKR), dan Bina Keluarga Lansai (BKL), yang lebih menekankan pada pemberian pemahaman terhadap 8 Fungsi Keluarga yaitu fungsi Agama, Kasihsayang, Pendidikan, reproduksi, ekonomi, perlindungan, sosial budaya, pembinaan lingkungan.

“Program Motekar lebih menekankan pada penguatan Parenting Education. Karena Parenting education itu adalah hal yang sangat strategis dalam pembangunan keluarga khusus pada tumbuh kembang anak,” terangnya.

Lebih lanjut Masrur menambahkan untuk di KBB sendiri, akan direkrut sebanyak 30 orang motivator dari kader BKB, BKR, dan BKL maupun warga masyarakat yang memiliki kepedulian terhadap pembangunan keluarga khususnya pada program KB.

“Setiap Kabupaten kota kuota nya tergantung jumlah permasalahan. Di KBB sendiri kuotanya hanya 30 orang yang akan diseber ke Desa-desa yang sudah ditentukan,” imbuhnya.(ASEP IMAM/PASUNDAN EKSPRES/IPKB KBB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top
%d bloggers like this: