Home / Berita Daerah / Duta Genre Kabupaten Bogor 2016 Terpilih, Selamat!

Duta Genre Kabupaten Bogor 2016 Terpilih, Selamat!

Dua Duta Genre berpose bersama tim BPPKB Kabupaten Bogor dan perwakilan BKKBN Jabar. (DOK. BPPKB KABUPATEN BOGOR)

BOGOR-DUAANAK.COM

Duta Remaja dan Duta Mahasiswa Generasi Berencana (Genre) 2016 Kabupaten Bogor resmi terpilih setelah melalui rangkaian pemilihan selama dua hari, 29 Februari-1 Maret 2016, di Wisma Abdi, Jalan Raya Puncak KM 76 Cipayung Bogor. Abi Ihkamuddin dari Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) Tazkia Sentul dan Miftakhul Amalia Rizki dari Universitas Djuanda Ciawi kini berhak menyandang Duta Mahasiswa. Keduanya terpilih masing-masing sebagai juara satu putra dan putri untuk kategori mahasiswa.

Sedangkan juara kedua putra ditempati oleh Fikri Ilmannafian dari Sekolah Tinggi Kependidikan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Leuwiliang dan juara ketiga diraih oleh Hilman Hakim dari Universitas Djuanda. Untuk juara kedua putri diraih oleh Denisa Delianti dari STKIP Muhammadiyah Leuwiliang dan juara ketiga diraih oleh Venna Nuansa Bening Diva dari Universitas Djuanda.

Untuk kategori remaja, juara satu putra diraih oleh Afrizky Bilal M Wens dari SMA Negeri 2 Cileungsi dan putri oleh Revalina Nur Fahriastuti dari SMA Negeri 1 Cileungsi. Posisi dua putra ditempati Ismail Shidqi dari SMA Plus PGRI Cibinong dan posisi ketiga diraih Dimas Panji Pratama dari SMA Negeri 2 Cibinong. Juara dua putri diraih Kurnia Sari Sukmadewi dari SMA Negeri 2 Cibinong dan juara tiga oleh Indri Andriyani dari MA Al-Aziziyah.

Tim juri juga memberikan penghargaan kategori khusus kepada Siti Nurjanah dari Institut Pertanian Bogor (IPB) sebagai Juara Favorit Duta Mahasiswa dan M Al-Kautsar M dari Kecamatan Cigombong sebagai Juara Favorit Duta Remaja. “Penilaian kita tidak semata-mata berdasarkan fisik, tetapi juga kemampuan intelektual, penguasaan bahasa asing, dan kepribadian atau attitude,” ujar Eni Irawati, Kepala Bidang Keluarga Sejahtera Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Kabupaten Bogor.

“Setelah melalui penilaian tahap awal, proses karantina dan penilaian tahap akhir, tim juri akhirnya memutuskan nama-nama tersebut sebagai juara pemilihan Duta Remaja dan Duta Mahasiswa Genre tingkat Kabupaten Bogor Tahun 2016. Pemenang pemilihan Duta Remaja dan Duta Mahasiswa Kabupaten Bogor akan menjadi utusan untuk mengikuti pemilihan di tingkat Provinsi Jawa Barat. Bahkan, kita berharap mereka mewakili Jawa Barat untuk pemilihan di tingkat nasional,” tambah Eni.

Eni menjelaskan, Duta Genre nantinya bertugas mensoyialisasikan program Genre di kalangan remaja, baik di lingkungan sekolah, kampus maupun masyarakat. “Seorang Duta akan lebih efektif dalam mensoyialisasikan program Genre dan KB di kalangan remaja. Seorang Duta adalah ikon bagi masyarakat. Mereka akan menjadi contoh bagi remaja dan mahasiswa yang ada di sekitarnya,” papar Eni.

Lebih jauh Eni menjelaskan, permasalahan remaja di Kabupaten Bogor sangat kompleks. Di samping jumlahnya yang banyak, juga rentan kawin muda, terlibat dalam penyalahgunaan Napza, dan terkena HIV/AIDS. Data menunjukan bahwa usia kawin pertama perempuan di Kabupaten Bogor masih di bawah 21 tahun. Banyak masyarakat yang menikahkan anaknya ketika masih usia sekolah.

Untuk mengatasi masalah remaja itu, pemerintah Kabupaten Bogor telah melakukan berbagai upaya melalui program yang dilaksanakan lintas institusi pemerintah maupun masyarakat. Salah satunya melalui program Genre yang dilaksanakan dengan dua pendekatan, yaitu pendekatan kepada remaja itu sendiri melalui pengembangan Pusat Informasi Konseling Remaja/Mahasiswa (PIK R/M) dan pendekatan kepada orang tua remaja melalui pengembangan kelompok Bina Keluarga Remaja (BKR).(ANAS/IPKB KABUPATEN BOGOR)

One comment

  1. Mega Puspitasari

    Bukankah juara duta remaja putra dan putri keduanya dari SMAN 2 Cileungsi?.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top
%d bloggers like this: