Home / Berita Daerah / Cirebon Bertekad Jaga Keterpaduan KB-Kesehatan

Cirebon Bertekad Jaga Keterpaduan KB-Kesehatan

Bupati Cirebon Sunjaya Purwadisastra (DOK. BPPKB KAB. CIREBON)

Bupati Cirebon Sunjaya Purwadisastra (DOK. BPPKB KAB. CIREBON)

SUMBER – DUAANAK.COM

Bakti TNI KB Kesehatan Terpadu Kodim 0620 Sumber serta Kesatuan Gerak PKK di Kabupaten Cirebon merupakan wujud nyata kepedulian TNI terhadap program keluarga berencana (KB) dan kesehatan. Bupati Cirebon Sunjaya Purwadisastra menilai kegiatan ini strategis bagi pembangunan di Kabupaten Cirebon.

“Karena disadari atau tidak, permasalahan penduduk akan mempunyai dampak dan membawa implikasi pada permasalahan Ipoleksosbudhankam,” kata Sunjaya saat pencanangan sekaligus rakor Bakti TNI KB Kes Terpadu Tingkat Kodim 0620 dan Kesatuan Gerak PKK KB Kes Tingkat Kabupaten Cirebon di Ruang Nyi Mas Gandasari Setda Kab Cirebon, Kamis (26/6). Ipoleksosbudhankam yang dimaksudkan Sunjaya merupakan akronim dari ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan.

Menurut Sunjaya, sebagai institusi pertahanan dan keamanan, TNI dihadapkan pada permasalahan yang semakin kompleks. Di satu sisi berperan selaku stabilisator dan pengamanan masyarakat, pada sisi lain TNI yang lahir dari rakyat menginginkan adanya dinamika yang positif dan kondusif di masyarakat. Salah satu wujud operasional bakti TNI dalam mendinamisasikan masyarakat adalah melalui kegiatan bakti TNI KB Kes terpadu Kodim 0620 tahun 2014.

Dia berharap, kegiatan bakti TNI KB Kes Terpadu Kodim 0620 tahun 2014 yang strategis ini dan dilaksanakan sejak Mei hingga Oktober nanti dan Kesatuan Gerap PKK sejak Oktober hingga Desember nanti dapat terlaksana secara optimal dengan memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat khususnya pasangan usia subur sehingga target yang telah ditetapkan dapat diapai.

Karena begitu strategisnya kegiatan tersebut, lanjut dia, dalam upaya meningkatkan cakupan peserta KB aktif dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Kabupaten Cirebon dalam rangka meningkatkan akselerasi program kependudukan dan KB Nasional guna mewujudkan Millenium Development Goals (MDG’s) 2015 di Kabupaten Cirebon, bupati minta kepada jajaran TNI dan Tim Penggerak PKK untuk terus membantu petugas KB dan kesehatan.

“Oleh karena itu, pemda, TNI dan PKK akan tetap bertekad untuk melaksanakan program keterpaduan KB Kes ini secara berkesinambungan, sehingga dengan komitmen yang kuat ini, insya Allah, semua permasalahan yang ada di masyarakat dapat diatasi,” kata Bupati Sunjaya.(AKIM GARIS/IPKB CIREBON)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top