Home / Berita Daerah / BP3AKB KBB Ajak Guru BK Pahami Kespro

BP3AKB KBB Ajak Guru BK Pahami Kespro

Kesehatan Reproduksi (ILUSTRASI)

Kesehatan Reproduksi (ILUSTRASI)

NGAMPRAH – DUAANAK.COM

Badan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (BP3AKB) Kabupaten Bandung Barat (KBB) gencar melakukan promosi dan sosialisasi program kependudukan, keluarga berencana, dan pembangunan keluarga (KKBPK) kepada seluruh elemen masyarakat. Tak terkecuali guru bimbingan dan konseling (BK) SMP dan SMA.

Seperti kegaiatan sosialisasi yang sudah dilakukan pada acara Workshop PIK-Remaja bagi Guru BK/BP SMP dan SMK sederajat yang diikuti 64 guru di Grand Hotel Lembang beberapa waktu lalu. “Sebenarnya ini program PIK-Remaja ‘Go to School’ untuk memberikan pemahaman kepada setiap guru BK bahwa begitu pentingnya program KB bagi para remaja khususnya anak sekolah yang harus mengetahui pelayanan informasi dan konseling kesehatan reproduksi guna penyiapan kehidupan berkeluarga di masa yang akan datang,” ujar Kasubid Kesehatan Reproduksi Remaja (Kespro) BP3AKB KBB Edri Suherman.

Lebih lanjut Edi menambahkan, dalam workshop tersebut setiap guru diberikan pengetahuan tentang kesehatan reproduksi remaja. Dengan begitu, setiap guru diharapkannya bisa memberikan bimbingan dan konseling kepada siswa-siswi di sekolahnya.

“Karena permasalahan remaja saat ini seperti seks bebas, penyalgunaan narkoba, tindak kekerasan dan sebagainya sudah menjadi tren. Maka sangat penting bagi guru BK juga untuk tahu tentang program KB khususnya harus bisa menjadi pusat informasi kesehatan bagi siswa,” tambahnya.

Selain itu juga, setiap guru harus bisa menyampaikan kewajiban pokok remaja dalam melanjutkan kehidupan, yakni mengingatkan melanjutkan sekolah, mencari pekerjaan, memulai kehidupan berkeluarga, menjadi anggota masyarakat, dan mempraktikkan pola hidup sehat. “Guru juga harus bisa menyampaikan lima kewajiban remaja kepada anak didiknya di Sekolah. Ini menjadi kewajiban guru juga dalam membimbing mereka ke arah masa depan yang lebih baik,” tukasnya. (ASEP IMAM/IPKB KBB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top
%d bloggers like this: