Home / Berita Daerah / Berkemah di Lapangan, Jemput Langsung Peserta KB

Berkemah di Lapangan, Jemput Langsung Peserta KB

Jumbara IMP dan Remaja Kabupaten Pangandaran Berlangsung Meriah

Pertunjukkan sosiodrama dari salah satu PIKR di Kabupaten Pangandaran. Jumbara IMP dan Remaja 2015 dimeriahkan dengan aneka lomba. (NAJIP HENDRA SP/DUAANAK.COM)

Pertunjukkan sosiodrama dari salah satu PIKR di Kabupaten Pangandaran. Jumbara IMP dan Remaja 2015 dimeriahkan dengan aneka lomba. (NAJIP HENDRA SP/DUAANAK.COM)

PANGANDARAN – DUAANAK.COM

Kemeriahan hadir sejak siang hingga malam hari di Lapangan Gunung Tumpeng, Desa Batukaras, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran. Ribuan warga tumpah dan larut dalam kemeriahan Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) Institusi Masyarakat Pedesaan (IMP) dan Remaja, semacam jambore tahunan pengelola lini lapangan program keluarga berencana (KB) se-Kabupaten Pangandaran, yang berlangsung selama dua hari, 16-17 September 2015.

Badan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Kependudukan Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BP3APK2BPMD) Kabupaten Pangandaran mencatat sedikitnya 500 orang turut berpartisipasi dalam acara ini. Mereka terdiri atas kader IMP dari 10 kecamatan di Kabupaten Pangandaran, anggota dan pengelola Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIKR) berbasis sekolah se-Kabupaten Pangandaran, tenaga penggerak desa (TPD), dan para pengelola program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga (KKBPK) lainnya.

“Kegiatan ini juga diikuti SKPD (satuan kerja perangkat daerah) lain di luar BP3APK2BPMPD. Ada Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Karang Taruna, dan tentu saja aparat kewilayahan setempat,” terang Kepala Bidang Keluarga Berencana dan Keluarga Sejahtera BP3APK2BPMPD  Kabupaten Pangandaran Budi Mastoro saat ditemui di sela pertunjukkan sosiodrama remaja, Rabu malam 16 September 2015.

Yang menarik dalam Jumbara 2015 sebenarnya terletak pada pemilihan tempat acara. Berbeda dengan kegiatan serupa tahun sebelumnya, tahun ini BP3APK2BPMPD memilih lokasi di lapangan terbuka, tidak jauh dari bibir pantai Batukaras. Bagi peserta maupun panitia, semuanya berkemah di lapangan. Budi beralasan, pemilihan lapangan bertujuan mencari suasana baru bagi peserta sekaligus mendekatkan program kepada masyarakat.

Lagi pula, sambung Budi, usulan pemilihan lokasi di lapangan terbuka datang dari peserta. Para kader IMP seperti pos KB desa atau sub pos KB desa merasa perlu untuk lebih mendekatkan diri kepada masyarakat dengan cara berkegiatan di tengah tengah masyarakat. Lebih dari sekadar bergaul, peserta terjun langsung melakukan KIE (komunikasi,  informasi, dan edukasi) dan penggerakkan calon peserta KB di sekitar lokasi kegiatan. Di sini, peserta Jumbara diminta menjemput langsung calon akseptor alias peserta KB untuk mengikuti pelayanan di lapangan.

“Untuk memacu semangat peserta jumbara, semua kegiatan dilombakan. Harapannya mereka berlomba-lomba menjadi yang terbaik. Desain tenda, yel-yel tiap kontingen, spanduk, makanan khas kecamatan, dan lain-lain. Ini di luar lomba resmi seperti sosiodrama dan lomba cerdas-cermat serta penggerakkan calon akseptor. Pokoknya semuanya dikemas secara sederhana namun dalam suasana gembira,” papar Budi.

Sambutan hangat juga bukan hanya datang dari peserta. Penjabat Bupati Pangandaran Daud Achmad maupun Kepala Bidang Keluarga Sejahtera dan Pembangunan Keluarga (KSPK) Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Jawa Barat Tetty Sabarniyati turut memberikan apresiasi. Juga turut menyambut hangat anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pangandaran Sri Rahayu.

Hadir membuka acara, Daud menilai kegiatan Jumbara sebagai sarana bertukar pikiran dan berbagi pengalaman bagi para pengelola petugas lini pangan program KKBPK. Sementara Tetty menilai kegiatan tersebut penting untuk menyegarkan kembali semangat para petugas sekaligus merajut silaturahim sesama petugas lini lapangan. Senada dengan Tetty, Sri Rahayu mengaku sangat mengapresiasi kegiatan Jumbara yang di dalamnya turut berlangsung kegiatan KIE dan pelayanan KB untuk metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP).(NJP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top
%d bloggers like this: