Home / Berita Daerah / Bayi dalam Kandungan Bisa Daftar JKN

Bayi dalam Kandungan Bisa Daftar JKN

Ilustrasi JKN

Ilustrasi JKN

SUMEDANG – DUAANAK.COM

Untuk mengantisipasi hal- hal yang tidak diinginkan terhadap bayi yang akan dillahirkan, sekarang, bayi tersebut bisa didaftarkan masuk sebagai peserta asuransi sosial Jaminan Kesehatan nasional (JKN) sejak masih dalam kandungan. Direktur Rumah Sakit Umum Sumedang Hilman WS menyampaikan hal ini kepada wartawan di ruang kerjanya beberapa waktu lalu.

“Nanti di kartunya akan tertulis bayi dari Ibu/Nyonya Anu karena kan belum punya nama kalau baru lahir mah. Jika  bayi itu diprediksi punya kelainan akan tersendiri kartunya. Tapi kalau yang sehat, bisa menginduk kepada ibunya. Persyaratannya cukup surat keterangan kehamilan dari bidan atau dokter,” jelas Hilman didampingi Humas RSU Sumedang Iman Budiman.

Hilman pun mempertegas bahwa sekarang sudah diberlakukan ketentuan baru bahwa peserta JKN mandiri yang baru daftar, aktifnya setelah tujuh hari pendaftaran. Kecuali, bagi bagi peserta mandiri dari keluarga miskin atau tidak mampu, bisa langsung aktif. Syaratnya, memiliki rekomendasi dari Dinas Sosial.

“Selama ini kan yang terjadi, begitu pasien sakit, mendadak bikin dan bisa aktif. Sekarang ada ketentuan baru, peserta mandiri baru aktif setelah tujuh hari. Seharusnya disosialisasikan pada warga oleh BPJS,” ujarnya lagi.

Saat ini, RSU Sumedang tengah menyelesaikan bangunan sembilan lantai, yang rencananya selesai Maret mendatang. Bangunan tersebut untuk ruang ICU, stroke center, anak, penyakit dalam, jiwa, THT, kulit, mata, kelas utama, dan kantor.

“Yang berobat ke RSU dengan BPJS lebih dari 50 persen, makanya terus berupaya meningakkan sarana prasarana juga SDM untuk menuju ke rumah sakit standar internasional. Termasuk tempat tidur di ICU kami baru punya empat, akan diambah lagi menjadi 15 tempat tidur, juga tempat tidur untuk di ruangan lainnya. Saat ini kami baru memiliki 320 tempat tidur sedangkan idealnya 550 ruangan,” jelasnya.(EMI SUHAEMI/IPKB SUMEDANG)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top
%d bloggers like this: