Home / Berita Daerah / Bandung Tuan Rumah Rakernas Asosiasi Kelompok UPPKS

Bandung Tuan Rumah Rakernas Asosiasi Kelompok UPPKS

Saut PS Munthe, Ketua Panitia Rakernas UPPKS (DOK. BKKBN JABAR)

Saut PS Munthe, Ketua Panitia Rakernas UPPKS (DOK. BKKBN JABAR)

BANDUNG – DUAANAK.COM

Kota Kembang terpilih sebagai tuan rumah penyelenggaraan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejatera (UPPKS) atau AKU tahun 2014. Rencananya, Rakernas bakal dihelat di Hotel Gino Feruci, Jalan Braga 67 Bandung, pada 28-30 April 2014 mendatang. Panitia mengagendakan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan untuk membuka acara tersebut.

Ketua Pantia Rakernas Saut Munthe mengungkapkan, Rakernas bakal dihadiri sekitar 200 peserta dari berbagai kalangan. Sebut saja misalnya Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pusat, Badan Pengurus Pusat AKU, Perwakilan BKKBN Provinsi, Badan Pengurus Daerah (BPD) dan Cabang (BPC) AKU, dan mitra kerja dari kalangan pemerintah maupun nonpemerintah.

Selain itu, panitia juga mengagendakan seminar nasional dengan narasumber dari unsur kepala daerah, akademisi, lembaga keuangan dan perbankan, hingga badan amil zakat. Dari jadwal kegiatan Rakernas yang diperoleh DUAANAK.COM, sejumlah narasumber yang direncanakan hadir antara lain Gubernur Jawa Barat, Kepala BKKBN, Wali Kota Bandung, Bupati Bandung Barat, Bupati Kutai Kartanegara Kalimantan Timur, Bupati Pasaman Sumatera Barat, Deputi Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (KSPK) BKKBN, Dr. Zulkifli dari Universitas Negeri Medan, Ketua Umum Badan Amil Zakat Nasional, Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Direktur Utama Bang Kaltim, dan Pemerintah Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan.

“Pelibatan sejumlah pihak sejalan dengan tujuan Rakernas itu sendiri. Selain bertujuan memperkuat kelembagaan, Rakernas juga berusaha menggalang komitmen bersama dengan para mitra dalam rangka pengembangan ekonomi kerakyatan menuju NKKBS atau norma keluarga kecil bahagia sejahtera,” terang Saut Munthe.

Beberapa materi yang akan dipresentasikan di hadapan peserta Rakernas antara lain, (1) Pengalaman Pengembangan AKU dan UPPKS di Kabupaten Bandung Barat dan Kutai Kartanegara; (2) Pemanfaatan dana zakat dalam pengembangan kegiatan UPPKS di Kabupaten Pasaman Sumater Barat; (3) Peranan Bank Kaltim dalam Pengembangan Permodalan dan Pembinaan UPPKS, dan sejumlah materi lainnya.(NJP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top
%d bloggers like this: