Home / Berita Utama / Program Laju Desa Jawa Barat Dikenalkan ke Kancah Nasional

Program Laju Desa Jawa Barat Dikenalkan ke Kancah Nasional

Ketua Tim Penggerak PKK Jawa Barat Atalia Ridwan Kamil mengunjungi stand Jawa Barat di arena Pameran dan Gelar Dagang Peringatan Hari Keluarga Nasional di Banjarbru, Kalimantan Selatan. (FOTO: NAJIP HENDRA SP/WARTA KENCANA)

BANJARMASIN | DUAANAK.COM

Program Laskar Juara Majukan Desa (Laju Desa) yang digaungkan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dikenalkan ke kancah nasional dalam rangkaian Pameran dan Gelar Dagang Harganas XXVI Tahun 2019 Banjarbaru, Kalimantan Selatan oleh Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat, Kamis, 4 Juli 2019.

Laju Desa adalah Gerakan Percepatan Pembangunan Keluarga untuk mendukung pencapaiaan visi Jabar Juara Lahir Batin. Laju Desa ini memaksimalkan para penyuluh KB dan tenaga penggerak desa/kelurahan (TPD/K) di Jabar yang saat ini jumlahnya sebayak 3.850 orang yang tugasnya kini tak hanya dalam menekan laju pertumbuhan penduduk dan menciptakan keluarga yang berkualitas namun kini harus berperan serta dalam menekan angka stunting di Jabar dan juga ikut memberdayakan ekonomi masyarakat desa.

Kepala Perwakilan BKKBN Jawa Barat, Sukaryo Teguh Santoso menuturkan, Laju Desa bukanlah nomenklatur baru yang semula TPD. Ini adalah semangat baru dalam menggerakkan masyarakat demi menyikapi visi gubernur yang akan menjadikan Jabar sebagai provinsi juara lahir bathin. Laju Desa di lapangan tidak berkerja sendiri mereka barus bekolaborasi dan juga harus membina sekitar 68.000 kader KB di desa hingga RT. “Kami ingin mengenalkan program in sebagai program unggulan di Jabar,” ucap dia.

Selebihnya, lanjut Teguh, pada Pameran dan Gelar Dagang Harganas XXVI Tahun 2019 Banjarbaru, konsep booth pameran BKKBN Jabar tahun ini mengusung kolaborasi antara promosi program inovatif KKBPK khas Jawa Barat yaitu Laju Desa dengan gelar dagang produk UPPKS (Usaha peningkatan pendapatan keluarga sejahtera) dan Dekranasda PKK Jawa Barat. “Tidak hanya itu, di booth juga para pengunjung bisa berfoto ria dengan photo frame yang kami sediakan,” kata dia.

Sementara itu, pameran dan gelar dagang ini dibuka secara langsung oleh Ketua Umum Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK), Dwikisworo Setyowireni Hasto Wardoyo, Gubernur Provinsi Kalimatan Selatan beserta Ketua TP PKK Provinsi Kalimantan Selatan, para pejabat tinggi Madya dan Pratama BKKBN dan kementerian terkait, Ketua PKK seluruh Provinsi dan kabupaten/ kota, dan berbagai undangan lainnya.

Ketua Panitia Gelar Dagang dan Pameran HARGANAS XXVI Tahun 2019, Ervina Murniati dalam laporannya mengatakan pameran gelar dagang ini akan berlangsung selama tiga hari penuh, 4-6 Juli 2019. Pada kegiatan ini ada 170 stand pameran dari Kelompok-kelompok UPPKS, UP2K-PKK, kementerian/ lembaga, BKKBN seluruh Indonesia, Dekranas dan dekreanasda, BUMN-BUMD, Perbankan, dan Usaha Kecil Menengah (UKM) yang menyajikan berbagai produk-produk unggulan seperti pakaian, kuliner serta cendera mata yang berasal dari daerah masing-masing.

Ketua Umum TP PKK, Erni Guntarti Tjahjo Kumolo dalam sambutannya mengatakan, Pameran dan Gelar Dagang ini merupakan salah satu upaya untuk memperkenalkan dan menyosialisasikan berbagai program pemberdayaan ekonomi keluarga, seperti berbagai produk-produk UKM dari seluruh provinsi di Indonesia dan produk-produk unggulan hasil karya para Kader PKK dari seluruh Indonesia.

“Melalui Pameran dan Gelar Dagang ini, dapat dipertemukannya dua unsur manajemen, yakni manajemen pembangunan dan manajemen pemerintahan, karena pada hakekatnya Pembangunan Keluarga merupakan komponen utama dalam manajemen pembangunan nasional, sekaligus merupakan kunci terhadap manajemen pemerintahan, jadi pameran dan gelar dagang ini mencerminkan adanya koordinasi diantara keduanya,” ujar Erni.

Hari Keluarga Nasional yang selalu diperingati setiap tahun dan diadakan pameran gelar dagang merupakan perwujudan kepedulian dan perhatian yang cukup besar dari Pemerintah Pusat, Daerah dan semua unsur dalam upaya terciptanya pencapaian ketahanan keluarga dan peningkatan kesejahteraan keluarga-keluarga di Indonesia. Melalui kegiatan ini diharapkan kelompok pengrajin mikro dapat terbantu memasarkan produk unggulan masing-masing daerah.

Dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan pemberian bantuan untuk kelompok UPPKS, penghargaan kepada Pemenang Lomba Kesatuan Gerak PKK-KKBPK-Kes, Pelaksana Terbaik Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Lingkungan Bersih Sehat (LBS), Posyandu untuk Pakarti Utama II, II dan Pakarti Madya I, II, III Kategori Kabupaten dan Kota.***

Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/bandung-raya/2019/07/04/program-laju-desa-jawa-barat-dikenalkan-ke-kancah-nasional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top
%d bloggers like this: