Home / Berita Utama / Layanan KB Kini Bisa Diakses via WA

Layanan KB Kini Bisa Diakses via WA

BKKBN Jabar Luncurkan WA Business “Pasti KB”

Platform layanan KB dan Kespro berbasis WA Business Pasti KB diluncurkan Jumat, 27 Mei 2022.

BANDUNG | WARTAKENCANA.COM

Warga Jawa Barat yang akan mengakses layanan keluarga berencana dan kesehatan reproduksi kini lebih mudah. Konsultasi hingga rujukan tenaga dan fasilitas kesehatan selesai di genggaman tangan. Kemudahan ini tersaji setelah Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Jawa Barat meluncurkan layanan berbasis WhatsApp Business dengan nama Pasti KB:  Pilih Alat Kontrasepsi Segera dan Temukan Informasi Keluarga Berencana.

Kepala BKKBN Hasto Wardoyo meluncurkan secara resmi layanan “Pasti KB” dalam rangkaian Konten Fest 2022 yang dihelat secara virtual pada Jumat siang, 27 Mei 2022. Konten Fest 2022 sekaligus menjadi kick-off peringatan ke-29 Hari Keluarga Nasional (Harganas) tingkat Povinsi Jawa Barat. Festival perdana juga meluncurkan podcast Berencana Itu Keren Pisan (Berkesan) dan diakhiri pengumuman pemenang Ajang Kespro Kawula Muda (AkuKaMu) Jawa Barat 2022.

Kepala Perwakilan BKKBN Jawa Barat Wahidin menjelaskan, “Pasti KB” merupakan nomor WA Business milik Perwakilan BKKBN Jawa Barat untuk mendekatkan pelayanan keluarga berencana (KB) bagi warga Jawa Barat. Layanan ini didesain untuk membantu memilih kontrasepsi yang sesuai dengan kondisi calon akseptor secara online dan segera. WA Business “Pasti KB” dioperasikan dengan chatboth, di mana setiap pertanyaan akan direspons secara otomatis melalui program komputer.

“Layanan Pasti KB berisi pertanyaan-pertanyaan terkait identitas calon akseptor, jumlah anak, keinginan memiliki anak, kondisi kesehatan calon akseptor, dan resume hasil konsultasi berupa pilihan alat kontrasepsi. Setelah calon akseptor yang mengakses layanan “Pasti KB” selesai berkonsultasi dan mendapatkan beberapa pilihan alat kontrasepsi, maka akan dihubungkan dengan bidan dan penyuluh KB di wilayahnya untuk konsultasi lebih lanjut terkait KB dan kesehatan reproduksi,” terang Wahidin.

Tak hanya itu, sambung Wahidin, layanan “Pasti KB” juga memuat infografis tentang KB dan kesehatan reproduksi (Kespro). Dengan cara begitu, calon akseptor bisa mendapat layanan konsultasi dan rujukan secara paripurna. Plus bonus info menarik seputar KB dan kespro.

Di bagian lain, Wahidin menjelaskan, podcast Berkesan yang siang itu turut diluncurkan mengusung konsep audio blogging dengan memanfaatkan teknologi digital. Podcast dipilih sebagai salah satu alternatif media yang dapat menyebarluaskan pesan dengan lebih mudah, cepat, dan fleksibel.

Podcast tengah menjadi pilihan media favorit di kalangan generasi muda. Ini sesuai dengan semangat rebranding BKKBN, yaitu inovatif, progresif, kekinian, modern, dan menyasar target generasi milenial dan zilenial,” ungkap Wahidin.

Adapun pengumuman pemenang AKuKaMu 2022 merupakan puncak acara ajang tahunan tersebut di Jawa Barat. Selama periode lomba, 18 April 2022-21 Mei 2022, panitia menerima 23 video pendek dari 18 kabupaten dan kota. Selanjutnya, proses penjurian dilaksanakan pada 23 dan 25 Mei 2022. Pemenang lomba terdiri atas dua pemenang utama yang akan diikutsertakan dalam AKuKaMu 2022 tingkat nasional dan lima pemenang favorit berbagai kategori plus satu pemenang kategori Satuan Karya Pramuka Keluarga Berencana (Saka Kencana). (NJP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top
%d bloggers like this: