Home / Berita Utama / KBB Baru Capai 60% Target MOP

KBB Baru Capai 60% Target MOP

popeye-classics-12_1x-620x330

Kesertaan pria dalam mengikuti program Keluarga Berencana (KB) di Kabupaten Bandung Barat (KBB) melalui metode operasi pria (MOP) sudah megalami peningkatan. Hingga awal September 2013, akseptor KB pria tersebut telah mencapai 60 persen dari yang ditargetkan 466 orang.

Kepala Bidang KB Badan Pemberdayaan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (BP3AKB) KBB Elly Hartika mengungkapkan, dibandingkan tahun 2012 saja, target MOP hanya 223 orang. “Peningkatan ini tak terlepas dari peran para PLKB, sehingga tingkat kesadaran pria ber-KB di KBB mengalami peningkatan,” tutur Elly Hartika di kantor BP3AKB Padalarang KBB, Rabu (18/9).

Hanya saja Elly Hartika menyayangkan peningkatan MOP di setiap kecamatannya belum merata. Ia menyebutkan empat dari 16 kecamatan yang memiliki jumlah kesertaan pria ber-KB menonjol, yaitu Kecamatan Cihampelas, Sindangkerta, Cipongkor dan Saguling. “Kecamatan lainnya masih perlu diberikan motivasi dan penyuluhan agar tidak terfokus pada empat kecamatan tadi,” ujarnya.

Elly mengatakan, bahwa pencapaian MOP di KBB tidak dilakukan sendiri oleh BP3AKB, tapi melibatkan motivator yang berasal dari berbagai komponen, yang kini tergabung dan bernaung di bawah Paguyuban KB Pria. Berkat peran paguyuban tersebut, lanjut Elly Hartika, MOP semakin diminati. “Keberadaan Paguyuban KB Pria yang telah berdiri sejak 2010 ini, berpengaruh positif terhadap perkembangan pria dalam ber-KB,” jelasnya.

Menurutnya, dengan terus memberikan pembinaan tentang Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) kepada Paguyuban tersebut, kini peran Paguyuban KB Pria semakin terasa. “Karena dengan diberikannya pembinaan dan pelatihan KIE kepada paguyuban itu, informasi yang perlu disampaian bisa dimengerti oleh calon peserta KB pria,” tutur Elly Hartika.(RDN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top
%d bloggers like this: