Home / Berita Utama / Jelang Harganas, BKKBN Roadshow KIE Jabar Ngahiji

Jelang Harganas, BKKBN Roadshow KIE Jabar Ngahiji

BANDUNG – DUAANAK.COM

Roadshow KIE Jabar Ngahiji 2015

Roadshow KIE Jabar Ngahiji 2015

Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXII memang jatuh pada 29 Juni setiap tahun. Meski begitu, tahun ini Jawa Barat bakal mendahului peringatan tersebut pada 8 Juni 2015 di Kabupaten Bogor. Peringatan tersebut bakal diawali dengan roadshow KIE (komunikasi, informasi, dan edukasi) bertajuk “Jabar Ngahiji” pada 5-6 Juni 2015.

Rencananya, roadshow bakal melintasi lima kabupaten dan kota dengan enam titik perhentian dan pelepasan. Mengambil start dari halaman Gedung Sate di Kota Bandung, rombongan safari KIE ini bakal dilepas Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan disaksikan segenap pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) serta mitra kerja terkait. Dari jantung Kota Kembang, rombongan menuju Kabupaten Bandung Barat (KBB) untuk kemudian dilanjutkan menuju Kabupaten Cianjur, Kabupaten Sukabumi, dan finish di lapangan Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor.

Kepala Sub Bidang Advokasi dan KIE Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Jawa Barat Elma Triyulianti menjelaskan, roadshow melibatkan mobil unit penerangan (Mupen) Keluarga Berencana (KB) milik BKKBN Jabar, OPD yang membidangi program kependudukan, keluarga berencana, dan pembangunan keluarga (KKBPK) di kabupaten dan kota terpilih, kendaraan siaran terbuka atau OB Van radio mitra, dan OPD provinsi.

“Format kegiatan di setiap titik memiliki pola yang sama, menggabungkan sosialisasi program (tematis) melalui media radio, dengan OB Van sebagai sarana speakout), seremonial penyambutan dan pelepasan, dan hiburan berupa pembagian doorprize atau kuis. Dapat juga dilengkapi dengan kegiatan lain seperti bakti sosial pelayanan KB Gratis, pemutaran film program atau kegiatan lainnya yang disesuaikan dengan aktivitas khas daerah atau kreativitas mitra,” terang Elma.

Elma menggarisbawahi bahwa kegiatan tersebut bukan semata-mata milik BKKBN Jawa Barat, melainkan milik semua pengelola program KKBPK se-Jawa Barat. Karena itu, kegiatan di setiap titik menjadi tanggung jawab OPD KB Kabupaten/Kota yang ditunjuk. Dalam pelaksanaannya, OPD KB bekerja sama dengan mitra radio. Adapun keikutsertaan mupen kabupaten dan kota penempatannya diatur berdasarkan titik-titik yang telah ditentukan.

Lebih jauh Elma menjelaskan, penerimaan rombongan roadshow dari titik sebelumnya diikuti acara penyerahan pataka, sambutan dari tuan rumah, dan dilanjutkan dengan hiburan dan pelepasan rombongan ke titik berikutnya. Karena sifatnya adalah roadshow KIE, sambung Elma, di dalam acara akan ada pemberian media KIE berupa leaflet dan brosur serta kupon doorprize. Hadiah doorprize akan dibagikan bersamaan dengan kehadiran tim roadshow dari titik sebelumnya.

“Sosialisasi dan KIE per tema dilaksanakan selama masing-masing dua jam sebelum rombongan mupen hadir atau menyesuaikan apabila ada perubahan jadwal. Setting acara berupa talkshow melalui pemanfaatan radio OB van, tanya jawab dan hiburan,” jelas Elma.

Dari acuan kegiatan yang diterima duaanak.com, setelah dilepas Gubernur Jabar di Gedung Sate pada pukul 09.00, rombongan kantor Desa Mandalawangi, Kecamatan Cipatat, KBB. Di sini bakal berlangsung sosialisasi pendewasaan usia perkawinan (PUP) dan program Generasi Berencana (Genre). Menjelang sore, pukul 14.00, rombongan melanjutkan perjalanan menuju area komersial Hypermart di Kabupaten Cianjur. Kali ini tema yang diusung adalah program KB melalui metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP).

Usai menyapa warga Cianjur, tim roadshow menuju Lapangan Siliwangi di Jalan Cibadak, Kabupaten Sukabumi dan menginap di sana. Keesokan harinya akan berlangsung KIE tentang pembangunan ketahanan keluarga, khususnya posyandu integratif. Dari Sukabumi, rombongan bakal menuju kampus Universitas Pakuan di Kota Bogor untuk menggelar KIE kependudukan.

Dari kawasan pendidikan, tim roadshow menuju Lapangan Tegar Beriman di Cibinong, Kabupaten Bogor. Rangkaian penutupan roadshow Jabar Ngahiji akan diisi sosialisasi Harganas dan ajakan partisipasi masyarakat. Selanjutnya, puncak peringatan Harganas XXII tingkat Provinsi Jawa Barat bakal dihelat pada 8 Juni 2015. Acara ini akan dihadiri Gubenur Jawa Barat, pimpinan BKKBN, para kepala daerah di Jawa Barat, dan segenap mitra kerja program KKBPK se-Jawa Barat.(NJP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top
%d bloggers like this: