Home / Berita Utama / It’s Your Life, It’s Your Future!

It’s Your Life, It’s Your Future!

Logo kampanye global Hari Kontrasepsi Sedunia (YOUR-LIFE.COM)

Logo kampanye global Hari Kontrasepsi Sedunia (YOUR-LIFE.COM)

BANDUNG – DUAANAK.COM

Your Life dalam dokumen WCD Long-term Strategy and Themes yang dipublikasikan melalui situs resminya mengungkapkan, mulai tahun 2012 dikembangkan strategi baru. Yakni, membuat tema besar jangka panjang It’s Your Life, It’s Your Future dengan tiga subtema di dalamnya. Sub tema tersebut adalah Know Your Options, Know Your Body, Know Your Partner. Sebelumnya, tema Hari Kontrasepsi selalu berganti setiap tahun.

Perubahan ini didasarkan atas pertimbangan dan timbal balik mitra kerja kalangan lembaga nonpemerintah dan pihak Bayer sebagai pendukung utama seluruh aktivitas kampanye WCD mulai 2012 lalu. Pertimbangan tersebut antara lain bahwa motto dan pesan kunci membutuhkan waktu lebih lama agar mampu membangun momentum dan memperoleh pengakuan dari masyarakat. Materi kampanye juga harus bisa disesuaikan dengan informasi dan statistik lokal.

Pada 2009 lalu, tema kampanye global adalah Your Voice. Tema ini berisi ajakan bagi masyarakat, terutama kalangan muda, untuk berbicara secara terbuka dan percaya diri tentang kontrasepsi. Isu ini menarik di tengah bingkai budaya yang belum permisif atau bahkan tabu untuk membicarakan topik reproduksi. Setahun kemudian, temanya berganti menjadi Your Responsibility. Pesannya berupa ajakan untuk bertanggung terhadap masa depan agar jangan sampai terjebak kehamilan yang tidak diinginkan.

Tema bergeser menjadi Your Right pada 2011 dengan pesan utama berisi ajakan untuk menyadari hak-hak terhadap kontrasepsi. Sementara pada 2012 tema lebih diarahkan kepada perencanaan masa depan dengan tagline masa depanmu, Your Future. Pesannya berupa ajakan untuk berpikir jauh ke depan dan menjadikan kontrasepsi sebagai bagian dari perencanaan masa depan itu sendiri. Pemahaman ini menjadi sangat penting mengingat adanya jeda waktu antara waktu menikah dengan keinginan untuk memiliki anak.

Hal itu sejalan dengan hasil survei multinasional bertajuk “Contraception: Looking for the future” yang menunjukkan bahwa rata-rata usia orang melakukan hubungan seksual untuk pertama kali ialah usia 23 tahun. Sementara, wanita yang merencanakan memiliki anak paling banyak pada usia 28-29 tahun. Survei melibatkan 812 responden berusia 20-35 tahun di delapan negara Asia: China, India, Indonesia, Korea Selatan, Singapura, Thailand, Malaysia dan Taiwan. Penundaan kehamilan selama lima tahun ini memperlihatkan pentingnya pengetahuan mengenai kontrasepsi.

General Manager Bayer HealthCare-Pharma Indonesia Allen Doumit mengatakan, hasil survei ini membantu masyarakat memahami bahwa alat kontrasepsi mempermudah orang mengambil keputusan terbaik untuk masa depannya. Setiap tahun, terang Doumit, alat kontrasepsi mencegah 188 juta kehamilan tidak diinginkan, 112 juta aborsi, 1,1 juta kelahiran disertai kematian dini, dan 150 ribu kematian ibu.

“Masalah kontrasepsi ini sangat sensitif dibicarakan di semua negara, tidak hanya Indonesia. Namun, sejak dini pengetahuan tentang kontrasepsi ini diperkenalkan pada anak-anak muda. Kelak saat mereka dewasa dan memerlukannya maka bisa memilih kontrasepsi yang tepat untuk dirinya,” ujar Doumit sebagaimana dikutip Kompas.

Penekanan pada sasaran anak-anak muda memang ditegaskan dalam Your-Life.com, situs resmi kampanye global Hari Kontrasepsi Dunia. Dalam salah satu sub tema, Know Your Option, kampanye Hari Kontrasepsi Dunia merupakan upaya pemberdayaan orang-orang muda melalui pengetahuan tentang seks dan kontrasepsi. Di sana dijelaskan bahwa orang yang menguasai informasi adalah orang independen. Orang muda yang mengetahui fakta tentang kontrasepsi akan mampu mempersiapkan tindakan preventif dari kehamilan yang tidak diinginkan dan penyakit menular seksual, sehingga mereka akan fokus pada tujuan dan aspirasi mereka.

Dengan belajar tentang pilihan kontrasepsi saat ini, anak-anak muda akan mempersiapkan penggunaan kontrasepsi secara benar ketika pada saatnya mereka melakukan hubungan seks. Saat ini berkembang mitos dan miskonsepsi tentang seks dan kontrasepsi secara luas. Karena itu, menjadi penting bagi pemuda untuk belajar tentang kontrasepsi dari sumber terpercaya, yakni sumber informasi yang tidak bias.

Know Your Option atau ketahui pilihanmu merupakan satu dari tiga sub tema kampanye global Hari Kontrasepsi Dunia. Koalisi global mempersilakan setiap negara untuk menentukan sub tema mana yang akan dipilihnya. Termasuk di dalamnya durasi kampanye untuk setiap sub tema. Dalam dokumen Your Life yang diunduh Warta Kencana dicontohkan, sebuah negara atau lembaga nonpemerintah memilih sub tema Your Options untuk tiga tahun atau bergantian setiap tahun untuk tiga sub tema. Misalnya, tahun kedua diganti dengan Your Partner, pasangan anda.

Tak hanya itu, koalisi global juga menunjukkan cara membuat motto lokal yang akan digunakan kawasan tertentu. Bila memilih sub tema Know Your Option, maka mottonya adanya It’s Your Life, It’s Your Future, Know Your Options. Ini hidupmu, masa depanmu, ketahuilah pilihan-pilihan Anda. Dari motto ini bisa dikembangkan topik komunikasi berupa pembelajaran tentang semua pilihan kontrasepsi yang tersedia, menggunakan sumber-sumber terpercaya dan tidak bias. Your Life memberikan pertimbangan topik kampanye ini efektif dilakukan di kawasan yang di dalamnya terdapat mitos dan kesalahan konsepsi tentang kontrasepsi.

Proses pembuatan motto juga berlaku untuk sub tema Know Your Body maupun Know Your Partner. Untuk know your body atau ketahui tubuh Anda, maka topik komunikasi yang bisa dikembangkan berupa pemahaman mengenai kehamilan tak diinginkan yang bisa menjadi masalah dan bagaimana perubahan tubuh ketika pubertas. Sementara topik untuk You’re your Partner atau ketahui pasangan Anda, maka topik komunikasi yang bisa dikembangkan adalah berbicara kepada pasangan masing-masing tentang kontrasepsi untuk membangun kepercayaan dalam berhubungan berdasarkan sumber informasi terpercaya.(NJP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top
%d bloggers like this: