Home / Berita Utama / BKKBN Jabar-BJB Sepakat Bersinergi Demi Jabar Juara

BKKBN Jabar-BJB Sepakat Bersinergi Demi Jabar Juara

Kepala Perwakilan BKKBN Jawa Barat Kusmana dan Pemimpin BJB Cabang Suci Ahmad Faizal menunjukkan naskah perjanjian kerjasama tentang payroll service pegawai BKKBN Jabar. Kedua belah pihak sepakat untuk bersinergi mewujudkan Jabar Juara.

BANDUNG | WARTA KENCANA

Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Jawa Barat dan PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten (BJB) memastikan diri untuk saling mendukung dan bersinergi demi terwujudnya Jawa Barat Juara Lahir Batin. Hal ini ditandai dengan perjanjian kerjasama layanan pembayaran gaji (payroll service) melalui sistem perbendaharaan dan anggaran negara (SPAN) yang diteken Kepala Perwakilan BKKBN Jawa Barat Kusmana dan Pemimpin BJB Cabang Suci Ahmad Faizal di Bandung pada Senin, 8 Juni 2020.

Dengan perjanjian ini, seluruh pegawai Perwakilan BKKBN Jawa Barat dan penyuluh keluarga berencana (PKB) di Jawa Barat bakal menerima gaji melalui rekening BJB. Sejalan dengan itu, BJB bakal mengambil peran lebih besar dalam mendukung program pembangunan keluarga, kependudukan, dan keluarga berencana (Bangga Kencana) di Jawa Barat dengan cara menjadi sponsor untuk kegiatan-kegiatan yang dihelat BKKBN Jabar.

“Perjanjian kerjasama ini merupakan tindak lanjut nota kesepahaman antara BKKBN Jabar dengan BJB yang ditandatangani pada saat rapat kerja daerah Bangga Kencana Jawa Barat beberapa waktu lalu. Tentu bukan hanya payroll service, melainkan banyak kegiatan yang ke depan akan dirumuskan bersama-sama antara BKKBN Jabar dan BJB,” terang Kusmana saat ditemui usai penandatanganan perjanjian kerjasama.

Kepala Perwakilan BKKBN Jabar Kusmana menjelaskan potensi BKKBN yang bisa menjadi modal kerjasama para pihak.

Sejumlah rencana yang mengemuka untuk dilakukan bersama-sama antara lain kerjasama branding kendaraan operasional milik BKKBN Jawa Barat. Saat ini BKKBN memiliki tidak kurang dari 40 mobil unit penerangan (Mupen) Bangga Kencana yang tersebar di 27 kabupaten dan kota di Jawa Barat. Ini belum termasuk mobil unit pelayanan (Muyan) yang juga tersebar di kabupaten dan kota se-Jawa Barat.

Kusmana menilai mobilitas tinggi dua jenis kendaraan operasional tersebut menjadi kekuatan besar untuk promosi dan penyampaian informasi program atau layanan BJB kepada masyarakat. Dengan begitu, masyarakat bisa mendapatkan dua pesan sekaligus. Pesan terkait Bangga Kencana di satu sisi dan layanan perbankan BJB di sisi lainnya.

Branding bersama antara BKKBN dan BJB tentu menjadi keren sekali. Apalagi bila kelak ditindaklanjuti dengan penggerakkan bersama, seperti nonton bareng atau roadshow misalnya,” ujar Kusmana sumringah.

Agenda kolaborasi lain yang mengemuka adalah pembinaan ekonomi keluarga di Kampung KB atau Kampung Keluarga Berkualitas.  BJB siap mendukung pembinaan kelompok usaha peningkatan pendapatan keluarga sejahtera (UPPKS) melalui Kredit Mesra alias Masyarakat Ekonomi Sejahtera, sebuah skema kredit bagi pelaku usaha mikro di Jawa Barat.

“Dari diskusi dengan pimpinan BJB mengemuka bahwa 70 persen pegawai BJB masuk kategori millenial. Rentang usia ini sangat cocok dengan target utama BKKBN yang kini membidik generasi baru Bangga Kencana. Ini sesuai dengan ikhtiar kita untuk mendekati generasi baru dengan cara baru. Alhamdulillah BJB welcome bahkan meminta agar para pegawai millenial tersebut mendapatkan sosialisasi tentang perencanaan keluarga maupun program Bangga Kencana secara umum,” ungkap Uung, sapaan akrab Kusmana.

Lebih jauh Kusmana menjelaskan bahwa pihaknya terus berusaha menebar energi positif kepada segenap pemangku kepentingan di Jawa Barat. Sebagai lembaga pemerintah nonkementerian yang hadir di daerah, BKKBN berkomitmen penuh untuk mendukung pembangunan di Jawa Barat. Salah satunya dengan memaksimalkan potensi yang dimiliki BKKBN untuk bisa membawa manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat Jawa Barat.

“Seperti juga ditegaskan Pak Kepala BKKBN pada saat webinar bersama Bu Cinta Atalia, kami BKKBN berkomitmen penuh untuk mendukung program Pak Gubernur di Jawa Barat. Hari ini kami berkolaborasi membangun sinergi dengan BJB untuk bersama-sama mewujudkan Jabar Juara Lahir Batin dengan Inovasi dan Kolaborasi,” pungkas Kusmana.(NJP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top
%d bloggers like this: